Sunday, December 31, 2017

Modifikasi Mesin Suzuki RC 100 Bravo

Suzuki RC 100 Bravo
Dokumentasi Pribadi
Halo sobat Siklikal, bagi kamu pecinta motor 2 tak (2-stroke) siapa sih yang tidak mengenal Suzuki RC 100 Bravo (Selanjutnya disebut Bravo saja). Sepeda motor legend dari pabrikan Suzuki ini lebih kita kenal sebagai motor petugas Keluarga Berencana dengan ciri khas warna birunya. Kalau di kampung-kampung orang sering menyebutnya dengan suzuki Jet Cooled. Suzuki Bravo juga dinobatkan sebagai motor 2 tak terlama yang ada di pasaran tanah air lho.

Suzuki Bravo adalah jenis sepeda motor dengan bentuk sasis pressed, atau terbuat dari gabungan pipa dan lembaran logam yang ditekan atau dicap ke dalam bentuk tertentu. Sasis model ini sama seperti Honda C70 dan Astrea Grand. Keuntungan dari sasis ini adalah bobot motor menjadi lebih ringan. Dari bobot motor yang ringan itulah modal utama untuk menjadikan Suzuki Bravo bisa menjadi lebih kencang.

Untuk masalah mesin, Suzuki Bravo sama persis dengan mesin Suzuki Tornado GX dan GS yang menganut sistem berpendingin udara, atau sering disebut Jet Cooled -seperti tulisan yang tertera di blok mesinnnya-. Hanya saja, kapasitas mesinnya hanya 100 cc, lebih tepatnya 99,6 cc. Dengan modal 99,6 cc, Suzuki Bravo bisa menghasilkan tenaga 8,1 HP serta diklaim bisa top speed maksimal 100 km/jam dalam kondisi baru.

Dengan bertambahnya usia si Bravo, 100 km/jam agaknya mustahil bisa dicapai Suzuki Bravo. Lalu bagaimana agar Suzuki Bravo bisa berlari lebih kencang dari standarnya? Nah, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara agar mesin Suzuki RC 100 Bravo lebih kencang dan optimal.

Sebelum kta mengulas tentang modifikasi mesinnya, alangkah baiknya kita ketahui dulu spesifikasi mesin Suzuki Bravo.

Tipe Mesin : 2-stroke, Jeet Cooled, Red Valve, Silinder Tunggal
Kapasitas : 99,6 cc
Diameter x Langkah : 52,5 x 46 mm

Setelah kita mengetahui spesifikasi mesin Suzuki Bravo, kita akan membahas bagaimana caranya membuat Bravo berlari lebih kencang. Ini dia :

Yang paling mudah dalam membuat sepeda motor lebih kencang dari standarnya adalah dengan mengggunakan metode Swap Engine. Bagi kamu yang punya uang berlebih dan tidak mau ribet, metode Swap Engine (tukar mesin) atau bahasa kerennya “kanibal” dari jenis sepeda motor lain bisa kamu gunakan.

Untuk kanibal Bravo biasanya paling banyak menggunakan Bandul atau Kruk As mesin milik tornado GS 110 cc. Kamu tinggal beli Bandul atau Kruk as Tornado Gs, lalu oversize piston menjadi 54 mm. Blok head-nya masih bisa pakai punya Bravo, hanya saja sudut Squish pada head-nya harus diatur ulang. Atau kalau masih punya sisa uang, beli sekalian head Tornado GS.

Dari modif tersebut, otomatis kapasitas mesin Bravo membengkak menjadi 109 cc atau dibulatkan menjadi 110 cc. Masih kurang kencang? Tukar kruk as, blok dan head Bravo dengan menggunakan kruk as, blok dan head milik Satria R 120 / 125 cc.
RC 100 Bravo modi Blok Seher dan Blok Head Satria
Sumber gambar : Facebook Komunitas RC 100
Kalau dana kamu terbatas, cukup mengganti blok seher dan blok head milik satria 2 tak seperti gambar di atas. dengan catatan, kamu harus memapas blok seher sekian centimeter, agar langkah kruk as Bravo tidak tenggelam dan motor kehilangan kompresi.

Tetapi bagi kamu yang hanya punya uang sedikit, metode swap engine jelas tidak efektif dan efisien. Masih ada cara lain agar si Bravo berlari lebih kencang, begini langkah-langkahnya :

1. Bore Up
Mesin satria 120 r
Ilustrasi. Sumber gambar : olx.co.id

Caranya, gantilah piston atau seher Bravo dengan piston yang lebih besar. Jangan lupa atur ulang sudut Squish pada head-nya. Kamu juga bisa memapas head mesin agar kompresi yang didapat lebih padat. Jangan memapas terlalu ekstrim, cukup papas kurang dari 1 milimeter atau maksimal 1 milimeter saja.


2. Upgrade Karburator
Karburator
Ilustrasi. Sumber gambar : olx.co.id
Kamu bisa melakukannya denga me-reamer (memperbesar) lubang venturi pada karburator. Atau kalau punya uang berlebih beli saja Karburator ori dari copotan motor lain atau beli karbu aftermarket.

3. Upgrade Sistem Perpindahan Transimisi
Blok kopling Satria 120 r
Ilustrasi. Sumber gambar : olx.co.id

Ganti dengan kopling manual, caranya bisa beli blok kopling di toko-toko online. Atau bisa juga mengebor sendiri bak koplingnya di bengkel yang terpercaya.

4. Porting Blok
Serahkan blok mesin motor kamu kepada mekanik yang ahli dalam membuat alur untuk saluran masuk, hisap dan buang menjadi lebih optimal. Jangan asal sembarang mekanik ya!

5. Ganti Knalpot
knalpot 2 tak
Ilustrasi. Sumber gambar : olx.co.id
Berbeda dengan mesin 4 tak, piranti ini sangat menentukan hasil dari modifikasi mesin 2 tak. Dengan mengaplikasikan knalpot yang tepat, tenaga mesin bisa bertambah sekian HorsePower. Gantilah knalpot lurus milik Bravo kamu, bisa menggunakan knalpot milik Suzuki Tornado atau Crystal tune. Atau bisa juga membuatnya sendiri di ahli knalpot.


RC 100 Bravo modif cakram
Sumber gambar : Facebook Komunitas RC 100
Tambahan : Setelah mesin motor Bravo kamu dimodifikasi, jangan lupa juga untuk meng-upgrade sistem pengereman Bravo menjadi disk brake atau cakram. Sebab, Suzuki Bravo masih mengandalkan tromol untuk sistem pengeremannya.

Itu saja tips dari saya. Tetap sehat, tetap semangat Guys!



0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html