Wednesday, January 31, 2018

Review Evercoss Genpro X S50D : Ponsel Murah Dengan Spesifikasi Yang Mumpuni

Review Evercoss Genpro X S50D

Review Evercoss Genpro X S50D. Saat ini sudah banyak sekali ponsel-ponsel terbaru beredar di pasaran. Mulai dari produk impor sampai produk lokal. Kali ini, Evercoss sebagai salah satu merek lokal mencoba peruntungannya dengan ponsel Evercoss S50D atau yang lebih dikenal dengan Evercoss GENPRO X. Ponsel yang satu ini dibanderol dengan harga promo 1 juta rupiah. Evercoss bekerja sama dengan Qualcomm menghadirkan ponsel dengan spesifikasi menarik di kelasnya.

Selain itu, GenPro X juga menjadi ponsel lokal termurah yang mengadopsi  fitur finger-print sensor. Seperti apa sebenarnya kemampuan dari GenPro X ini? Simak ulasan dari @Siklikal berikut ini.

Desain
Dari segi desain yang dihadirkan, tampak bahwa Evercoss mulai menghadirkan ponsel dengan desain yang tidak muluk-muluk. Di bagian sisinya, ponsel ini sudah menggunakan bahan logam dengan tekstur goresan-goresan yang sangat halus, sehingga sulit untuk dirasakan saat dipegang. Bahan logam ini juga membuat GenPro X terasa kokoh dan lebih berkelas.

Review Evercoss Genpro X S50D

Rasa kokoh dari ponsel ini juga didukung beratnya yang lumayan. Build quality yang mantap dari GenPro X juga menular ke tombol-tombol fisik seperti tombol volume, power, dan Smart Key yang nyaman untuk ditekan.

Review Evercoss Genpro X S50D

Saat memegang ponsel ini, dapat dirasakan bobot yang berat berasal dari bahan logam yang digunakan.  Ini mengingatkan @Siklikal pada ponsel keluaran Smartfren yaitu Andromax seri E2 dan R2. Dengan bahan logam yang kokoh, tentunya perangkat ini lebih terjamin secara daya tahan.


Untuk ponsel dengan kapasitas baterai 2650 mAh, dimensi dari GenPro X tidak terlalu tebal jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel lain. @Siklikal  menemukan beberapa bagian yang tidak biasa dari desain GenPro X, seperti penempatan kamera belakang yang dirasakan terlalu tinggi. Selain kurang enak untuk dilihat, posisi seperti ini juga membuat kamera menjadi rentan terhalang oleh tangan pada saat kita mengambil foto dalam mode landscape.


Review Evercoss Genpro X S50D

GenPro X masih mengadopsi konsep cover bagian belakang dengan material sejenis plastik tipis polycarbonate yang dapat dibuka, didalamnya terdapat dual slot SIM Card standy dan satu slot MicroSD. Tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi sebuah ponsel terkini, yang menyediakan dual slot SIM Card Standy.


Review Evercoss Genpro X S50D

Hanya saja yang sedikit aneh, ponsel ini tidak menggunakan baterai yang removable (dapat dilepas). Padahal desain yang digunakan bukanlah dengan casing unibody. Tombol volume dan power sama-sama terletak di sisi sebelah kanan. Sementara slot USB berada dibagian bawah, dan slot jack headset berada di bagian atas. terdapat tombol kapasitif menu home, back dan recent app di bagian bawah layar.

Review Evercoss Genpro X S50D
Lubang jack headset di bagian atas
Di bagian belakang casing, terdapat logo GENPRO dan juga logo Qualcomm yang bersanding dengan speaker dibagian bawah. Ponsel ini memang digarap oleh Evercoss bersama dengan pioneer chipset smartphone tersebut. Yang menarik, meskipun ini terbilang smartphone terjangkau dengan harga kisaran 1 juta, namun Evercoss GenPro X telah menyematkan fitur fingerprint, dengan sensor yang terinstall di bagian bawah kamera belakang.

Review Evercoss Genpro X S50D
Lubang charger USB di bawah
Display
GenPro X mengusung layar 5 inci dengan resolusi HD yang cukup tajam dan nyaman untuk digunakan. Ponsel ini juga mendukung layar melengkung 2.5D glass dengan teknologi hard glass screen. Anda tak perlu lagi repot-repot membeli pelindung layar untuk proteksi tambahan, karena perangkat ini secara langsung sudah memiliki hard glass dan anti gores untuk panel layar depan.

Review Evercoss Genpro X S50D
Tampak depan
Bagian atas layar ada kamera  depan sebesar 8MP  di sebelah kanan, yang disandingkan dengan led flash di sebelah kiri, posisinya menjadi simetris kiri dan kanan. Di bagian bawah layar terdapat icon kapasitif tanpa lampu latar, tentunya akan susah mengoperasikan navigasi ponsel saat di ruangan gelap.


 Beralih ke bagian belakang, terdapat kamera berlensa 13MP dengan LED Flash dibawahnya, serta fitur sidik jari dan lambang Genpro yang mengkilat.

Spesifikasi dan Fitur
GenPro X menggunakan  procesor quadcore Snapdragon 212  kecepatan 1.3 GHz dengan GPU Andreno 304. Dari processornya kita bisa melihat ponsel ini kelas entry level. Untuk menjaga akselerasinya, disematkan juga  ram sebesar 2GB dengan internal rom 16GB, yang bisa diperluas 32 GB dengan kartu MicroSD.

Evercoss menggunakan OS Marshallow 6.0 dengan sedikit tambahan UI kustom mereka. Tidak banyak tambahan, bahkan secara tampilan UI yang digunakan masih banyak membawa tampilan asli dari versi Google. Setidaknya hanya ada dua aplikasi pre-install milik evercoss yang ditambahkan yaitu EC Nada Kita (semacam radio) dan ECbook.

Pada paket penjualannya, Evercoss memberikan aksesoris yang cukup lengkap untuk GenProX, antara lain adaptor charger, kabel USB, buku panduan dan kartu garansi, serta headset.

Review Evercoss Genpro X S50D

Kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP, dan menu utama baterai berkapasitas 2650 mAh. Ponsel dual SIM ini telah mendukung jaringan 4G LTE. Ponsel ini ingin mengenalkan fitur fingerprint, tidak hanya pada ponsel mahal saja dengan harga yang relatif murah, fitur fingerprintnya bekerja secara optimal dan bisa dibilang cukup cepat.


Untuk menambah bumbu bagi spesifikasi di atas, Evercoss telah menyematkan berbagai fitur yang terbilang baru sampai fitur yang sudah umum ditemui di ponsel lain. Salah satu fitur barunya adalah tombol bulat bernama Smart Key. Jika ditekan satu kali, Smart Key akan membawa pengguna masuk ke aplikasi kamera, dan jika ditahan agak lama, Gadgeteers akan langsung dibawa ke aplikasi perekam suara.


Performa
Walaupun spesifikasinya tidak terlalu mentereng, GenPro X tetap mampu menyajikan performa yang mengagumkan. Mayoritas kegiatan yang dilakukan oleh @Siklikal di ponsel ini seperti membaca berita, menonton video baik secara online maupun offline, berkelana di sosial media, sampai bermain game, mampu dijalankan dengan mulus.

Review Evercoss Genpro X S50D

Namun, kehandalan ini perlu diberi catatan karena jika aplikasi yang dibuka sudah terlalu banyak, ponsel ini akan terasa lag. Di saat itulah kita harus segera menutup beberapa aplikasi yang tidak berguna. Singkat kata, kapasitas RAM 2GB pada GenPro X mampu digunakan dengan maksimal, namun manajemen RAMnya tidak efektif karena tidak otomatis menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Baterai
Soal ketahanan baterai, ponsel Evercoss GenPro X ini mampu bertahan selama 6-7 jam untuk pemakaian sehari-hari yang cukup intens. Jika ponsel GenPro X hanya digunakan untuk berkomunikasi dan sesekali membaca artikel di internet, @Siklikal yakin baterainya bisa bertahan hingga 2 hari lebih. Namun, sayang,  saat pengisian baterai dengan charger bawaan Evercoss, baterai terisi full sampai 2 jam 30 menit.

Kamera
Kualitas gambar yang dihasilkan kamera GenPro X tidak terlalu mengesankan, bahkan cenderung medioker. Dalam kondisi cukup cahaya, kualitasnya lumayan baik karena mampu menghasilkan warna yang tidak kusam dan detailnya cukup mengagumkan karena bagian kecil dari gambar masih bisa dilihat dengan baik ketika di-zoom.

Sayangnya, dynamic range di ponsel ini benar-benar tidak seimbang karena pembagian cahaya di daerah yang terang tidak seimbang dengan daerah gelap. Kualitas gambar dari kamera 13 MP ini akan semakin menurun ketika memotret dalam keadaan low light. Detail yang bagus saat terang akan hilang dan warna yang dihasilkan pun kusam. Shutter speednya juga lambat dan membuat gambar menjadi sering blur.

Review Evercoss Genpro X S50D

Review Evercoss Genpro X S50D

Review Evercoss Genpro X S50D


Kamera Genpro X juga bisa merekam video dengan kualitas 1080p@30fps. Hasil yang cukup lumayan untuk ponsel dengan harga 1 jutaan.


Kesimpulan
Performa yang handal, build quality yang kokoh, ditambah fitur yang kaya, membuat baterai 2650 mAh di ponsel ini tidak perlu bekerja sendirian dalam menarik calon pelanggan. Meskipun masih termasuk ponsel entry level, Evercoss telah membuktikan jika ponsel merek lokal juga mampu bersaing dalam hal kualitas. Jika anda termasuk orang yang mempunyai dana cekak tetapi mencari ponsel dengan performa handal, build quality kokoh, dan baterai yang cukup tahan lama, ponsel ini patut masuk ke dalam pertimbangan.


Location: Depok, Depok City, West Java, Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html