Monday, January 29, 2018

Thomas Stamford Raffles, Ketika Inggris Menjajah Indonesia Hingga Membangun Singapura

Tumasik Singapura
Singapura. Sumber gambar : 1.bp.blogspot.com

Tahun 1811, Louis Napoleon –Adik Napoleon Bonaparte[1] mencopot kedudukan Daendels sebagai Gubernur Jenderal di Hindia Belanda dengan alasan terlalu keras dalam menjalankan roda pemerintahan. Daendels-lah yang menerapkan sistem kerja rodi membuat jalan raya Anyer – Panarukan yang memakan ribuan korban jiwa. Sebagai gantinya, diangkatlah Jenderal Janssens menjadi Gubernur Jenderal.

Dalam masa pemerintahannya, Janssens menghadapi kesulitan memulihkan keamanan yang belum stabil. Ia memulai masa jabatannya dalam kondisi genting. Banyak prajurit tinggalan Daendels yang tidak cakap menjadi prajurit, sehingga ia mudah dikalahkan Inggris dan terpaksa menyerah pada tanggal 18 September 1811 di Tuntang, kepada Thomas Stamford Raffles. Penyerahan kekuasaannya tertuang dalam perjanjian atau Kapitulasi Tuntang.[2]

Sejak perjanjian itulah, kekuasaan Hindia Belanda beralih ke tangan Kerajaan Britania Raya (Inggris). Thomas Stamford Raffles atau Sir Thomas Stamford Bingley Raffles, diangkat menjadi Letnan Gubernur Jenderal di Jawa. Selama Raffles menjabat sebagai penguasa Hindia Belanda, ia banyak menerapkan kebijakan-kebijakan yang berbeda dengan Belanda. Diantanya yang terkenal, yakni :

1.       Penghapusan pajak hasil bumi (contingenten) dan sistem penyerahan wajib (verplichte leverantie) yang sudah diterapkan sejak zaman Daendels. Diganti dengan memberlakukan sistem Landrent. [3]
2.       Membagi Pulau Jawa menjadi 18 keresidenan (sistem keresidenan ini berlangsung sampai tahun 1964).
3.       Mengubah sistem mengemudi dari sebelah kanan menjadi sebelah kiri, sampai hari ini.

Selama berkuasa, kebijakannya sangat berpengaruh dalam bidang ilmu pengetahuan. Misalnya, Ia aktif mendukung berdirinya Bataviaach Genootschap, sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Begitu besar perhatiannya pada sastra dan budaya setempat membuat Raffles mendirikan Museum Etnografi Batavia.

Stamford Raffles
T.S. Raffles. Sumber gambar : media1.britannica.com
Raffles mempunyai minat meneliti dokumen-dokumen sejarah Melayu, yang mengilhami pencariannya akan Candi Borobudur. Adalah atas prakarsa Raffles, warisan budaya Jawa digali dan ditemukan seperti Candi Borobudur (1814), Candi Panataran (1815), dan Candi Prambanan (1815).

Ia juga rajin meneliti flora dan fauna. Minatnya yang besar kepada ilmu botani, membuatnya tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor.

Pada tahun 1813, di Eropa, terjadi perang Leipzig, perang antar banyak bangsa. Perang itu dimenangkan oleh pihak koalisi. Napoleon Bonaparte kalah telak dalam pertempuran tersebut. Kekalahan Napoleon Bonaparte membawa dampak pada pemerintahan di negeri Belanda, yaitu dengan berakhirnya pemerintahan Louis Napoleon di negeri Belanda.

Pada tahun itu juga terjadi perundingan antara Inggris dan Belanda. Perundingan itu menghasilkan Konvensi London atau Perjanjian London (1814), yang isinya antara lain menyepakati bahwa semua daerah di Hindia Timur yang pernah dikuasai Belanda harus dikembalikan lagi oleh Inggris kepada Belanda, kecuali daerah Bangka, Belitung dan Bengkulu yang didapat Inggris dari pemberian Sultan Najammudin.

Hati Raffles sebenarnya telah tertambat dengan Jawa. Ia tidak suka Belanda kembali berkuasa di Jawa. Dengan berat hati ia meninggalkan Jawa dan kembali ke Inggris. Di sana ia membuat sebuah buku yang sangat fenomenal yaitu The History of Java.

Raffles - History of Java

Pada tahun 1818 ia kembali ke Bengkulu, Sumatera. Di Bengkulu, Raffles merencanakan suatu ekspedisi ke pedalaman Sumatera. Pada perjalanan yang penting itu Raffles ditemani oleh Dr. Joseph Arnold, seorang ahli botani yang didatangkan langsung dari Inggris.

Ketika menjelajah pedalaman Sumatera, penduduk setempat memperlihatkan kepada Raffles dan Dr. Arnold sebuah tanaman yang unik dan aneh. Dr. Arnold sendiri hampir-hampir tidak percaya dengan apa yang dilihatnya, sebuah bunga Padma raksasa. Yang sekarang dinamai dengan Rafflesia Arnoldi, -Gabungan dari nama Raffles dan Arnold.

*****

Untuk mengurangi dominasi Belanda di selat Malaka, Raffles yang menjabat menjadi Gubernur Bengkulu menyarankan agar Inggris menguasai jalur Selat Malaka untuk menjamin pasokan rempah-rempah ke Eropa. Salah satu caranya ialah bekerja sama dengan Kesultanan Aceh dan membuat pelabuhan di Selat Malaka.

Ia membeli sebuah pulau kecil, bernama Tumasik (Kota laut). Ketika ia tiba di Tumasik, pulau kecil tersebut hanya dihuni oleh beberapa keluarga, salah satunya keluarga Tumenggung Johor. Raffles membayar Tumenggung ini dengan sejumlah uang agar diizinkan membangun pos dagang di Tumasik dan mendapatkan hak monopoli.

Ini jelas merupakan langkah yang berani, menyinggung Belanda di wilayah yang diakui berada di bawah pengaruh Belanda. Inggris diizinkan mendirikan koloni di Singapura dengan syarat Inggris melindungi para pedagang Singapura dari Belanda dan Bugis.

Tak hanya itu, sebagai upaya untuk mengamankan wilayah Tumasik dari ancaman Belanda, Raffles menjalin perjanjian dengan pewaris Kesultanan Johor dan membantunya merebut tahta. Pada 9 November 1824, kesepakatan antara EIC dan Johor diperbaharui dan sejak saat itu, Tumasik resmi menjadi milik Inggris. [4]

Raffles bersumpah pulau yang bernama Tumasik itu akan dijadikan koloni baru yang meskipun kecil, tetapi akan jauh lebih maju dari Tanah Jawa yang dikuasai Belanda. Sumpah Raffles terwujud. Tumasik, yang berganti nama menjadi Singapura, menjelma menjadi pusat perdagangan paling penting di wilayah Hindia Timur, sampai kini.



Footnote :
[1] Napoleon Bonaparte, Kaisar Perancis yang berhasil menjajah Belanda. Adiknya, Louis Napoleon diminta menjadi Raja di Belanda.
[2] Tuntang, nama sebuah daerah di Semarang. Tempat penyerahan Janssens (wakil Perancis) kepada Inggris.
[3] Sistem sewa tanah. Setiap petani yang menyewa tanah harus membayar sewa dengan menggunakan uang.
[4] https://tirto.id/singapura-negeri-yang-merdeka-karena-disia-siakan-cuc5. dilihat 29 Januari 2018

Location: Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424, Indonesia

1 comments:

Felicia Aurora said...

PERMISI YAA BOSKU MAU NUMPANG PROMO NIH BOSKU :)


Sering kalah bermain poker dan domino di poker online lain yaa bosku?

Terbukti SaranaPelangi Murni 100% Tanpa Robot dan Tanpa Admin ikut Bermain.

Tersedia 7 Permainan dalam 1 UserId : POKER - DOMINO - CAPSA SUSUN - ADUQ - BANDARQ - BANDAR POKER - SAKONG

Ayo gabung di Agen Poker SaranaPelangi ini , Kamu akan merasakan sensasi nya menjadi jutawan setiap hari nya.

SARANA PELANGI ADALAH SALAH SATUNYA AGEN JUDI DOMINO QQ , BANDAR POKER DAN BANDAR QIU QIU 99 TERPERCAYA SEASIA .

Pelayanan yang Ramah, Cepat dan Online 24 Jam.

Proses Deposit dan Withdraw Hanya 2 Menit .

Untung dengan super bonus saranapelangi :

-Bonus Referral hingga 20%
-Bonus Cashback Hingga 0.5%

Tunggu Apalagi Boskuu ?? Ayo Gabung Dan Rasakan Sensasi Menjadi Jutawan Boskuu !!


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.poker atau melalui android kami.

- BBM : 2B47BB9C
- CALL : +855964972098
- WEECHAT : saranapelangi
- SKYPE : saranapelangi
- EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
- FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

Link Alternatif Saranapelangi :

- Saranapelangi.link
- Saranapelangi.poker

Silahkan di coba ya bosku :)

www.saranapelangi.poker

# Pelayanan Online Service 24 Jam non stop dengan Staff Cs yang Ramah dan profesional
# Kerahasiaan Data Member Di jamin Sangat Aman.
# Proses Transaksi Deposit Dan Withdraw Super Cepat.
# Permainan di Jamin FairPlay 100% tanpa Bot.
# Berkesempatan memenangkan Jackpot Ratusan Juta Rupiah.
# Dapat Bermain 7 Games Sekaligus Dalam 1 Id
# Dapat Di mainkan Di android

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html