Wednesday, February 14, 2018

Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo, Bebek Kencang Zaman Doeloe

Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Suzuki RC 100 Bravo. Sumber gambar : motorplus
Halo sobat Siklikal, bagi kamu pecinta motor 2 tak (2-stroke) siapa sih yang tidak mengenal Suzuki RC 100 Bravo (Selanjutnya disebut Bravo saja). Sepeda motor legend dari pabrikan Suzuki ini lebih kita kenal sebagai motor petugas Keluarga Berencana dengan ciri khas warna birunya. Kalau di kampung-kampung orang sering menyebutnya dengan Suzuki “Jetkol”. Suzuki Bravo juga dinobatkan sebagai motor 2 tak terlama yang ada di pasaran tanah air lho.

Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Motor petugas BKKBN. Sumber gambar : olx
Untuk masalah mesin, Suzuki Bravo sama persis dengan mesin Suzuki Tornado GX dan GS yang menganut sistem berpendingin udara, atau sering disebut Jet Cooled -seperti tulisan yang tertera di blok mesinnnya-. Hanya saja, kapasitas mesinnya hanya 100 cc, lebih tepatnya 99,6 cc. Dengan modal 99,6 cc, Suzuki Bravo bisa menghasilkan tenaga 8,1 HP serta diklaim bisa top speed maksimal 100 km/jam dalam kondisi baru.
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Suzuki Bravo Road Race. Sumber gambar : FB Indoroadrace
Dengan bertambahnya usia si Bravo, 100 km/jam agaknya mustahil bisa dicapai Suzuki Bravo. Lalu bagaimana agar Suzuki Bravo bisa berlari lebih kencang dari standarnya? Baca selengkapnya di sini.


Nah, kali ini @Siklikal tidak akan membahas tentang modifikasi mesin Suzuki RC 100 Bravo, karena sudah ditulis pada ulasan sebelumnya. Kali ini @Siklikal akan menampilkan beberapa foto modifikasi bodi Suzuki Bravo.
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Suzuki Bravo Original. Sumber gambar : olx
Sesuai dengan tujuan modifikasi, yakni meningkatkan kinerja dan tampilan motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya, sehingga dapat menimbulkan kepercayaan diri bagi si pengguna. Biasanya, para owner Suzuki Bravo banyak yang merubah kondisi tunggangannya agar terlihat lebih kece. Mulai dari penggantian shockbreker, menggunankan velg dan ban, mengganti knalpot, dan lain-lain. Nah, mari simak ulasan dari @Siklikal berikut ini.

Pengecatan Bodi (Body Repaint)
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Pengecatan ulang bodi Suzuki Bravo. Sumber gambar : i.ytimg.com
Sebagai motor yang lahir ditahun 1990-an alias motor jadul, tentunya cat bodi motor Bravo banyak yang sudah dekil dan kusam. Banyak owner Suzuki Bravo, yang melakukan pengecatan ulang bodi motornya. Biaya yang dikeluarkan kisaran 100 – 500 ribu, untuk pengecatan bodi / sasisnya. Bagi kamu yang hanya punya dana terbatas, pengecatan bodi Bravo bisa dengan menggunakan Pilox saja. Tentu biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanyak pengecatan di bengkel cat.

Penggantian Shockbreker
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Penggantian Shockbreker. Sumber gambar : olx
Untuk menambah penampilan Suzuki Bravo agar lebih menarik, banyak ownernya yang mengganti shockbreker Bravo dengan shockbreker jenis motor lain, atau beli shockbreker aftermarket. Selain menambah daya tarik, penggantian shockbreker motor juga menambah kenyamanan saat motor dikendarai.

Sistem Pengereman
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Upgrade Sistem Pengereman. Sumber gambar : scontent-sea1-1.cdninstagram.com
Suzuki Bravo yang sudah modif mesin, kadang masih menggunakan rem depan tromol. Hal tersebut kadang bisa membahayakan si pemilik sendiri. Makanya, banyak pemilik Bravo yang merubah sistem pengereman motor mereka dengan sistem pengereman cakram.

Teknisnya, bisa dengan pengaplikasian sistem pengereman milik motor lain, alias kanibal. Yang paling banyak adalah dengan menggunakan sistem pengereman milik Suzuki Smash. biaya yang dikeluarkan untuk upgrade sistem pengereman berkisar antara 350 - 500 ribu.

Penggantian Velg dan Ban
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Bravo modif caferacer. Sumber gambar : i.ytimg.com
Bagi kaum muda, mengganti velg dan ban menjadi lebih kecil menjadi gaya tersendiri. Asal jangan sampai membahayakan pengguna saat dikendarai. Tidak jarang, pemilik Bravo juga mengganti tunggangan mereka dengan velg dan ban lebar seperti gambar di atas. Penggunaan velg dan ban lebar menambah kesan gagah pada motor Bravo.

Papas Jok
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Kontes Suzuki Bravo. Sumber gambar : scontent-sea1-1.cdninstagram.com
Memapas jok motor menjadi lebih tipis sedang digandrungi kalangan anak muda. Entah apa manfaatnya. Namun, bagi mereka, memapas jok motor tentunya menjadikan tunggangan mereka lebih menarik dan menambah kepercayaan diri.

Pengecatan mesin
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Pengecatan mesin. Sumber gambar : ototrend.com
Mesin Bravo yang silver atau hitam, kadang catnya sudah usang dimakan usia, Para owner Bravo mengecat mesin tunggangan mereka agar terlihat sedap dipandang mata. Pengecatan tersebut harus menggunakan cat yang tahan panas, kalau tidak, cat yang menempel di mesin motor akan cepat mengelupas.

Ganti Knalpot
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Knalpot silencer panjang. Sumber gambar : olx
Dari kesemuanya tadi, hal ini yang paling banyak dilakukan oleh penggunan Suzuki Bravo, yakni mengganti knalpot. Knalpot asli diganti dengan bentuk knalpot racing, agar terlihat ciamik. Selain itu, penggantian knalpot juga bisa menambah akselerasi tunggangannya walaupun tidak terlalu signifikan.
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Modikasi Bravo. Sumber gambar : FB Komunitas RC100
Pengaplikasian knalpot racing bersilincer panjang pada Suzuki Bravo bisa menambah daya tarik pada motor tersebut saat dilihat. Apalagi kalau knalpotnya di-krom. Suara yang dihasilkan pun menjadi lebih gurih, seperti kerupuk baru digoreng. Kriuk kriuk...

Bonus
Modifikasi Suzuki RC 100 Bravo
Modif sepeda. Sumber gambar : otopacu.com
Nah, Itu saja ulasan dari @Siklikal. Tetap sehat, tetap semangat Guys!

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html