Friday, May 11, 2018

Lagu Rinduku; Kerinduan Seorang Harry Roesli kepada Iwan Fals

Resensi lagu Rinduku, Kerinduan Harry Roesli kepada Iwan Fals
Iwan Fals dan Harry Roesli

Kedekatan Alm. Harry Roesli dan Iwan Fals memang sudah terjalin sangat lama. Harry Roesli sempat “akan” diajak dalam grup musik SWAMI (grup musik yang melahirkan lagu-lagu fenomenal seperti Bento dan Bongkar) pada akhir tahun 80-an, tapi sayang tidak jadi.

Kedekatan mereka berdua bisa dilihat dari apresiasi Alm. Harry Roesli semasa masih hidup kepada Iwan Fals dengan mendefinisikan perjalanan seorang Iwan Fals menjadi 4 Periode.[1]

Kedekatan itu juga bisa dilihat ketika Iwan Fals membuat album “in Colaboration With” pada tahun 2003. Salah satu nomor lagunya adalah ciptaan Harry Roesli, yakni lagu “Rinduku”. Lagu bertema cinta ini dinyanyikan Iwan Fals dengan sangat gamblang dan merdu.

Lagu ini awalnya ada dalam album “In Collaboration With” tahun 2003. Kemudian diaransemen ulang dan digabung dalam album “In Love” di tahun 2005.

Judul Album       : In Colaboration With
Penyanyi             : Iwan Fals
Pencipta              : Harry Roesli
Produksi              : Musica Studio
Tahun Terbit      : 2003
Genre                   : Pop

Tolong rasakan ungkapan hati
Rasa saling memberi
Agar semakin erat hati kita
Jalani kisah yang ada

Ku tak pernah merasa jemu
Jika kau slalu di sampingku
Begitu nyanyian rinduku
Terserah apa katamu

Rambutmu... matamu
Bibirmu... ku rindu
Senyummu... Candamu...
Tawamu... ku rindu

Beri aku waktu sedetik lagi
Menatap wajahmu
Esok, hari ini atau nanti
Mungkin tak kembali

Bila kita simak lirik dari lagu ini, kita gampang saja menginterpretasikan dan bahkan menyimpulkan bahwa lagu ini berkisah mengenai perasaan rindu seseorang pada sang kekasih. Kekasih di sini yang dimaksud adalah lawan jenisnya. Namun, tidak sepenuhnya benar.

Lagu ini berisikan tentang kerinduan seorang Harry Roesli sendiri kepada Virgiawan Listanto alias Iwan Fals. Kerinduan seseorang terhadap sahabat karibnya. Ia menyatakan bahwa ia tidak akan pernah merasa jemu, bahkan jika sang sahabat selalu di sampingnya. Lirik yang sungguh sangat menyentuh dan sangat dalam.

Ketika saya coba menyanyikan lagu ini, lalu sedikit memejamkan mata. Saya seakan-akan bisa merasakan apa yang Alm. Kang Harry rasakan. Merindukan beliau, sang legenda hidup musik Indonesia. Saya teringat personalitasnya, seperti yang Kang Harry tulis dalam liriknya, “Rambutmu... matamu, Bibirmu... ku rindu. Senyummu... Candamu, Tawamu... ku rindu”.

Mungkin bagi yang bukan penggemar Iwan Fals, susah merasakan keintiman perasaan dari dua sahabat dalam lirik lagu ini. Tapi, bagi OI (Orang Indonesia) dan Fals Mania, perasaan yang sama seperti apa yang Kang Harry rasakan akan tiba-tiba muncul begitu saja.

Dalam bait terakhir lagu Rinduku, Kang Harry meminta waktu barang sedikit lagi. Untuk menatap wajah sang sahabat. Ia melanjutkan, esok, hari ini, atau nanti, mungkin tak akan kembali.

Apakah ini pertanda? Bahwa ia tak akan punya waktu lagi? Bahkan untuk menatap wajah seorang sahabat? Wallahu a’lam. Seperti yang kita tahu, Alm. Harry Roesli lebih kurang setahun setelah lagu ini diciptakan ia menghembuskan nafas terakhirnya.

Footnote:

Location: Jl. Kp. Leuwi Nanggung No.19, Leuwinanggung, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16456, Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html