Tuesday, May 22, 2018

Motor Suzuki RC 100 Bravo, Tornado GX, RC 110 Crystal, Tornado GS Boros Bensin dan Cara Mengatasinya

Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Suzuki Crystal milik @Siklikal

Hai sobat @Siklikal, bagi kamu yang mencari info tentang motor Suzuki RC (Bravo, Tornado, Crystal, Sprinter) kamu yang tiba-tiba boros bensin di sini tempatnya. Yap, pengalaman ini @Siklikal alami di motor Suzuki Crystal. Motor yang tadinya aman-aman saja menjadi sangat boros. 1 liter pertalite tidak sampai menempuh 10 km. Gile pokoknya! Padahal larinya ya standar-standar saja tidak sampai mengalahkan NSR SP atau Cagiva Mito.

Penyebab motor boros bahan bakar memang banyak sebab-musababnya, seperti : terdapatnya masalah di sistem pengapian, setelan rem yang terlalu seret, bearing roda seret, efek bore up mesin, kerak menumpuk di kepala seher, penggunaan knalpot freeflow, ban kempes, beban pengendara yang berat, dan filter udara kotor.

Jika kamu yakin semua yang disebutkan di atas tidak ada masalah. Maka bisa jadi ada masalah di bagian pengabutan, atau karburatornya. Untuk mengatasinya, berikut akan @Siklikal bagikan pengalaman @siklikal beserta foto-foto prosesnya.

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah ada kebocoran pada knalpot motor Suzuki RC kamu. Seperti yang kita ketahui, kebocoran knalpot pada motor 2 tak sangat tidak bisa ditolerir, sebab itu akan menimbulkan berkurangnya daya motor dan pastinya membuat motor menjadi boros bensin.
Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Cek knalpot apakah ada kebocoran?


Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Biasanya yang sering bocor di bagian leher knalpot

Cek dengan teliti, apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada kebocoran, segera pergi ke tukang las untuk menambalnya. Jika tidak, mari kita ke tahap selanjutnya.

Kedua, lepas karburator dengan mengendurkan baut-bautnya. Biarkan sejenak karburatornya, kita cek dahulu saja membrannya apakah masih baik / rapat ataukah sudah tidak rapat lagi. Membran yang sudah tidak rapat lagi sangat memengaruhi sistem pembakaran dan menjadikan motor kamu boros bensin.
Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Lepas baut membran untuk mengecek membran masih bagus atau tidak

Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Membran sudah tidak rapat lagi, waktunya minta ganti
Jika membran sudah tidak rapat, berarti sudah waktunya minta ganti. Gantilah membran motor RC kamu dengan yang baru, atau dengan yang lebih baik. Jika membran tidak ada masalah, kita meningkat ke tahap selanjutnya.

Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Membran yang masih rapat
Ketiga, cek manifold karburator RC kamu, apakah permukaannya rata atau tidak. Biasanya, manifold yang sudah lama atau usang akan melengkung dikarekanan ketarik oleh baut karburator. Pemukaan Manifold yang melengkung tadi akan menimbulkan celah, campuran udara dan bensin dari karburator tidak sepenuhnya masuk ke ruang pembakaran tetapi menguap entah kemana.

Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Amplas permukaan manifold agar rata dan tak ada celah untuk lolosnya bahan bakar
Cara mengatasinya mudah saja, amplas permukaan manifold yang melengkung tadi agar menjadi rata kembali. Nah, jika manifold kamu tidak ada masalah maka kita beranjak ke tahap selanjutnya.

Keempat, ini yang agak susah menurut @Siklikal, sebab kita akan bermain-main dengan karburator. Cara yang paling cepat dan simple adalah dengan mengganti karburator RC lama kamu dengan karbu yang baru, apalagi baru & original :D Tapi ini agak susah bagi kita yang berkantong cekak. Hehehee.. Dari keluarga Suzuki RC, yang paling enak adalah menggunakan karbu Tornado. Karena karbu tornado mempunyai sekrup setelan angin.
Motor Suzuki Rc Boros Bensin
Karburator tornado punya sekrup setelan angin, Bravo dan Crystal tidak punya ini
Cara yang @Siklikal sarankan selanjutnya adalah dengan membeli repairkit baru yang original dan pasang di karburator RC kamu. Mudah-mudahan dengan cara ini motor RC kamu sudah kembali normal. Aamiin. Untuk tulisan tentang setting karburator akan @Siklikal jadikan tulisan sendiri nanti. 

Jika kamu tidak bisa menanganinya sendiri, maka bawalah Suzuki RC anda ke Bengkel yang jago menangani motor-motor 2 tak, khusunya keluarga Suzuki RC! Eh, btw berapa sih konsumsi standar Suzuki RC? Kalau Suzuki Crystal punya @Siklkal, 1 km pertalite bisa menampuh jarak 23-25 km. Kalau punya kamu berapa?

Nah, itu saja tips & trik untuk mengatasi motor Suzuki RC boros bensin. Kalau kurang puas, bisa ditanyakan ya. Tetap sehat tetap semangat Guys!


Location: Jl. Alternatif Cibubur KM.3, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16454, Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html